Rabu, 27 Juli 2016

Makalah Ibadah Haji dan Umroh Tentang Syarat Wajib Melaksanakannya

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh tidak ada salahnya jika terlebih dahulu mengetahui berbagai syarat wajib untuk melaksanakannya. Hal ini penting agar nantinya ibadah yang Anda laksanakan dapat berjalan dengan maksimal. Saat ini terdapat banyak sekali sumber yang dapat Anda jadikan rujukan untuk mengetahui berbagai hal tentang syarat wajib kedua ibadah tersebut dan salah satunya dapat Anda cari dari makalah Ibadah Haji dan Umroh. Syarat pertama untuk melaksanakan Haji dan Umroh adalah beragama Islam.
makalah umroh

Seperti yang diketahui, ibadah Haji merupakan salah satu jenis ibadah yang terdapat di dalam Rukun Islam. Oleh karena itu, kewajiban melaksanakan ibadah ini hanya diberikan kepada orang-orang Islam saja. Begitu pula dengan ibadah Umroh meskipun hukum melaksanakannya adalah sunnah dan hal ini berbeda dengan ibadah Haji yang pelaksanaannya bersifat wajib bagi orang yang mampu. Dalam hal ini orang yang mampu tidak hanya dilihat dari materi saja melainkan juga kemampuan fisik dan kesiapan mental.

Kemampuan fisik dan persiapan mental merupakan kedua hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melaksanakan ibadah Haji dan Umroh karena rangkaian tata cara pelaksanaannya cukup menguras tenaga. Syarat wajib lainnya yang perlu Anda penuhi adalah baligh. Baligh merupakan kondisi dimana seseorang dilihat sudah memiliki kematangan dalam hal cara berfikir sehingga dapat membedakan hal baik dan buruk. Berdasarkan hal ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak kecil atau orang yang hilang akal tidak memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah Haji dan Umroh. 

Syarat wajib selanjutnya yang perlu Anda penuhi adalah merdeka. Mungkin banyak diantara Anda yang cukup bingung dengan persyaratan yang satu ini. Dalam hal ini yang dimaksud merdeka adalah orang-orang yang memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan hidupnya. Persyaratan ini pada dasarnya merujuk pada budaya masyarakat Arab pada zaman terdahulu yang masih mengenal sistem perbudakan sehingga terdapat sebagian orang yang tidak memiliki kemerdekaan. Namun untuk masa sekarang sistem perbudakan sudah tidak ada sehingga mayoritas orang merupakan makhluk yang merdeka.

Itulah sejumlah syarat wajib untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh yang terdapat di dalam makalah Haji dan Umroh. Apabila Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan, maka Anda dapat segera menjalankannya, namun apabila terdapat salah satu syarat yang tidak terpenuhi maka Anda tidak memiliki kewajiban untuk menjalankannya. Setelah mengetahui berbagai syarat wajib Haji dan Umroh, hal lain yang perlu Anda cermati adalah tata cara pelaksanaannya karena kedua ibadah tersebut memiliki rangkaian yang berbeda. 

Cukup sederhana bukan berbagai persyaratan ibadah Haji dan Umroh tersebut? Semoga informasi tentang syarat wajib yang terdapat pada makalah Haji dan Umroh ini memberikan tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda.

Makalah Ibadah Haji dan Umroh Tentang Syarat Wajib Melaksanakannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikan Salai Ikan Asap

0 komentar:

Posting Komentar