Sabtu, 23 Juli 2016

Perbedaan Haji dan Umroh Menurut Agama Islam dan Para Ulama

Perbedaan haji dan umroh berdasarkan agama Islam. Haji dan umroh sering kali kita dengar di berbagai media. Haji dan umroh sebenarnya adalah salah satu bentuk ibadah untuk umat Muslim dengan cara berkunjung ke Mekkah. Kedua ibadah ini memiliki persamaan dan perbedaannya. Adapun perbedaan ibadah haji dan umroh bisa diketahui dengan mengenal definisi antara haji maupun umroh itu sendiri. Akan tetapi, tak jarang masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya.

haji dan umroh

Bagi Anda yang masih belum paham tentang perbedaan haji dan umroh adalah sebagai berikut ini:
  • Pengertian Ibadah Haji dan Umroh

Ibadah haji adalah sejenis ibadah yang hukumnya wajib untuk dijalankan setiap umat Muslim yang memang mampu melaksanakannya. Sebab ibadah haji ini termasuk salah satu ibadah yang terkandung dalam rukun Islam. Namun ibadah haji ini lebih menitik beratkan untuk umat Muslim yang mampu menjalankan ibadah haji, entah itu secara finansial maupun fisik. Sementara, ibadah umroh merupakan salah satu ibadah dimana pelaksanaannya sama seperti pelaksanaan ibadah haji. Umroh umumnya disebut juga dengan haji kecil.
  • Waktu Pelaksanaan
Perbedaan mendasar haji dan umroh adalah waktu pelaksanaannya. Dimana ibadah haji biasanya dilakukan setahun sekali, yakni di bulan Zulhijah tepatnya di antara tanggal 9-13 Zulhijjah menurut kalender Hijriah. Berbeda dengan ibadah umroh yang dapat dilakukan kapan pun di sepanjang tahun terkecuali di waktu haji.
  • Cara Pelaksanaan dan Rukunnya
Ibadah haji dan umroh juga berbeda dalam hal tata cara pelaksanaannya dan juga rukunnya. Rukun umroh meliputi niat, lalu thawaf kemudian dilanjutkan sa’i dan tahalul yakni memotong rambut. Sementara ibadah haji ditambah mabit di Muzdalifah, Mina, Wuquf di Arafah lalu diakhiri melempar jumroh.
  • Hukum
Perbedaan lainnya antara haji dan umroh yaitu dari hukumnya. Dimana hukum dari pelaksanaan ibadah haji merupakan wajib untuk umat Islam yang mampu, secara mental, fisik juga finansial baik bagi yang tengah beribadah haji maupun keluarga yang akan ditinggalkannya. Sementara ibadah umroh sendiri menurut sebagian besar ulama hukumnya adalah sunnah muakkad. Namun ada sebagian yang berpendapat bahwa ibadah umroh adalah wajib untuk yang mampu. Ini yang membuat adanya perbedaan ibadah haji dan umroh menurut pendapat banyak ulama dan agama Islam.
Dengan mengulas perbedaan haji dan umroh diatas, pastinya bisa memberikan wawasan kepada kita ketika hendak menjalankan ibadah. Dimana kita bisa melakukan ibadah yang lebih ringan dan lebih mudah untuk di jelaskan. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu dari ibadah haji dan umroh sebaiknya perhatikan perbedaan yang paling mendasar antara ibadah haji dan umroh menurut agama Islam dan para ulama.

Perbedaan Haji dan Umroh Menurut Agama Islam dan Para Ulama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikan Salai Ikan Asap

0 komentar:

Posting Komentar