Jumat, 29 Juli 2016

Umroh dan Haji, Perbedaan Mendasar Kedua Ibadah Tersebut

Bagi Anda yang masih belum memahami perbedaan mendasar antara ibadah Umroh dan Haji, Anda perlu menyimak ulasan pada artikel berikut ini yang akan membahas tentang perbedaan keduanya. Jika selama ini perbedaan yang Anda ketahui hanya berkaitan dengan waktu pelaksanaan kedua ibadah tersebut, maka hal tersebut bukanlah satu-satunya perbedaan yang terdapat diantara ibadah Umroh dan Haji. Berdasarkan waktu pelaksanaannya, ibadah Umroh dapat dilaksanakan beberapa kali dalam satu tahun sesuai dengan kemampuan Anda. 
Umroh dan Haji

Sebaliknya, pelaksanaan ibadah Haji hanya dapat dilaksanakan satu kali setiap tahunnya yaitu pada bulan Dzulhijjah dengan puncak pelaksanaan ibadahnya di tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah. Meski demikian, diakui atau tidak dibutuhkan biaya yang dapat dikatakan tidak sedikit untuk melaksanakan Umroh dan Haji sehingga cukup sulit untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. Kesulitan yang lebih dapat Anda rasakan saat akan melaksanakan ibadah Haji karena harus mengantri bertahun-tahun sampai datang jadwal keberangkatan. 

Namun jika Anda memiliki kemampuan lebih baik dari materi maupun fisik, maka tidak ada salahnya untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut lebih dari satu kali pelaksanaan. Perbedaan selanjutnya antara Umroh dan Haji adalah durasi pelaksanaan kedua ibadah tersebut. Durasi dari masing-masing ibadah ini berkaitan dengan rukun yang harus dilaksanakan di dalamnya. Untuk rukun Haji, Anda harus memulainya dengan Ihram, Wukuf, Tawaf, Sa’i, Tahallul, dan tertib. Khusus untuk pelaksanaan Wukuf harus tepat pada waktu Dzuhur 9 Dzulhijjah sampai menjelang fajar 10 Dzulhijjah. 

Sedangkan untuk rukun dari Umroh tidak mencantumkan pelaksanaan Wukuf sehingga tidak mengherankan jika perjalanan Umroh dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pada umumnya ibadah Haji dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 4 hari. Sedangkan untuk ibadah Umroh waktu pelaksanaannya hanya memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 hari saja. Perbedaan Umroh dan Haji yang selanjutnya terletak pada besaran biaya keberangkatan yang perlu dibayarkan. Pada umumnya pelaksanaan ibadah Haji membutuhkan biaya yang terbilang lebih banyak dibandingkan Umroh.

Walaupun saat ini sudah banyak pilihan paket Umroh yang menawarkan harga menyamai ibadah Haji. Oleh karena itu, untuk melaksanakan ibadah Umroh Anda dapat memilih biaya yang sesuai dengan kemampuan. Pada umumnya biaya Umroh yang lebih mahal dikarenakan adanya tambahan perjalanan wisata ke beberapa destinasi bersejarah Agama Islam. Perbedaan terakhir antara kedua ibadah tersebut adalah Haji merupakan ibadah wajib yang terdapat pada Rukun Islam meskipun pelaksanaannya disyaratkan untuk orang-orang yang memiliki kemampuan.

Berbeda dengan ibadah Umroh yang hukum pelaksanaannya hanya bersifat sunnah sehingga tidak begitu mendesak. Itulah sejumlah perbedaan antara Umroh dan Haji yang perlu untuk Anda ketahui sebelum melaksanakannya.

Umroh dan Haji, Perbedaan Mendasar Kedua Ibadah Tersebut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikan Salai Ikan Asap

0 komentar:

Posting Komentar