Fasilitas yang Seharusnya Diberikan Oleh Sebuah Travel Umroh Dan Haji terbaik

Melakukan survei dan membandingkan berbagai travel umroh dan haji sangat penting dilakukan sebelum beribadah di tanah suci. Salah satu hal yang harus dicermati adalah fasilitas-fasilitas yang diberikan. Walaupun kualitas fasilitas akan dipengaruhi oleh biaya yang dibayarkan, tetapi beberapa fasilitas standard harus diberikan pada para jamaah. Apa saja fasilitas yang seharusnya diberikan oleh sebuah travel umroh serta haji? Beberapa fasilitas tersebut dijelaskan di bawah ini.

travel umroh
Baca Juga Cara Pesan Tiket Kereta Api Lebaran

Fasilitas keberangkatan dan perlengkapan

Travel umroh dan haji memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan fasilitas visa umroh dan tiket pesawat. Selain itu, airport tax juga menjadi tanggung jawab biro travel. Fasilitas kendaraan antar jemput airport pun menjadi salah satu fasilitas yang biasanya ditawarkan. Berbagai perlengkapan umroh dan haji yang umumnya diberikan adalah mukena dan bergo untuk wanita, kain ihrom dan ikat pinggang untuk pria, buku manasik, tas, serta air zam-zam yang diberikan saat pulang.
Hotel atau penginapan dekat dengan Masjidil Haram
Berbagai travel umroh dan haji terbaik berlomba memberikan fasilitas hotel atau penginapan yang memuaskan. Hotel yang dekat dengan Masjidil Haram akan sangat disukai karena mempermudah kegiatan ibadah. Jarak 200 hingga 250 meter merupakan jarak ideal tempat menginap tersebut. Hotel bintang 4 dan bintang 5 yang sangat nyaman juga banyak ditawarkan. Jamaah dapat memilih kamar untuk 2 orang bagi suami istri atau kamar untuk 3 dan 4 orang. Kamar untuk 4 orang dapat digunakan untuk jamaah yang tidak membawa keluarga.

Makanan dan kesehatan

Walaupun berada jauh dari tanah air, tetapi masakan khas Indonesia tetap dapat dinikmati di Arab Saudi. Travel umroh biasanya menyediakan menu makanan Indonesia sebanyak 3 kali dalam sehari. Beberapa travel menghidangkan makanan ini secara prasmanan. Untuk kesehatan, jasa travel selayaknya memfasilitasinya dengan sangat baik. Kerjasama dengan rumah sakit di Arab Saudi harus sudah dilakukan. Selain itu, beberapa jenis vaksin juga harus diberikan sebelum berangkat. Ada juga travel umroh dan haji plus yang memfasilitasi asuransi bagi para jamaahnya.

Tour Wisata atau ziarah

Selain melaksanakan ibadah, umat Islam selayaknya juga mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Mekah, Madinah dan sekitarnya. Biro travel umumnya menyediakan fasilitas ziarah dengan kendaraan full AC, TV dan toilet yang nyaman. Muthawif atau Guide sebagai pemandu rombongan juga disediakan. Perjalanan wisata ke beberapa negara merupakan fasilitas tambahan yang diberikan. Uni Emirat Arab atau Dubai, Mesir, Palestina, Brunai Darussalam hingga beberapa negara di Eropa menjadi tujuan wisata setelah umroh. 
Selain fasilitas-fasilitas tersebut, manasik untuk praktek umroh dan haji yang dilakukan di tanah air juga disediakan oleh travel umroh dan haji. Biaya manasik ini telah menjadi satu dengan biaya umroh dan haji yang dibayarkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyusun Materi Presentasi Haji dan Umroh ppt

Berkeliling Kota Istanbul Dengan Paket Umroh Haji dan Wisata Ke Turki

Cara Pendaftaran Paket Umroh Bank Muamalat Terbaru