Jumat, 05 Agustus 2016

Manakah Yang Harus Dilakukan Haji Atau Umroh Dulu?

Sebagai umat Islam tentunya ingin menyempurnakan keimanannya dengan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji di Mekkah. Namun dengan keadaan saat ini banyak orang yang merasa bingung apakah akan melaksanakan haji atau umroh dulu? Hal ini dikarenakan untuk melaksanakan ibadah haji harus menunggu antrean yang cukup panjang sehingga membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan untuk melaksanakan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu antrean yang lama. 

makkah

Keadaan seperti inilah yang membuat banyak masyarakat merasa bingung akan melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu atau umroh dulu. Untuk menjawab kebingungan masyarakat Islam modern saat ini sebenarnya sangatlah mudah. Jika dilihat dari hukum melaksanakannya, maka ibadah haji haruslah menjadi prioritas utama, hal ini dikarenakan ibadah haji adalah ibadah wajib bagi umat Islam yang mampu. Sedangkan ibadah umroh termasuk ibadah sunah yang tingkatannya lebih rendah dibandingkan dengan ibadah wajib.

Prioritas melaksanakan ibadah haji dibandingkan dengan ibadah umroh sangatlah jelas dikemukakan dalam Al Quran surat Al-Imran ayat 97. Dalam firman Allah ini dijelaskan bahwa melaksanakan ibadah haji merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Didalam surat ini juga dijelaskan bahwa melaksanakan ibadah haji wajib untuk orang Islam yang mampu. Arti mampu dalam surat ini adalah umat Islam yang mampu mengunjungi Ka’bah baik secara finansial, psikis, dan fisiknya. Jika belum memenuhi syarat mampu ini maka umat Islam tidak mempunyai kewajiban menunaikan ibadah haji.

Jadi, untuk menjawab sebaiknya umroh dulu atau haji dulu, maka jawabannya adalah haji dulu. Hal ini dikarenakan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu. Namun melihat keadaan sekarang ini masyarakat Indonesia yang ingin pergi haji diharuskan untuk mengantre terlebih dahulu selama kurang lebih 10 sampai 15 tahun membuat banyak orang khawatir tidak bisa mengunjungi Ka’bah. Oleh karena sebab inilah para ulama sepakat bahwa umroh bisa dilaksanakan sebelum melaksanakan ibadah haji.

Mendahulukan haji atau umroh dengan keadaan saat ini memang sangat sulit. Bagi orang yang mampu tentunya ingin segera mengunjungi Ka’bah sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan takut jika menunggu antrean haji di Indonesia tidak mempunyai cukup umur untuk menunggu antrean. Oleh karena itu, bagi umat Islam yang mampu maka segeralah mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji. Jika dalam perjalanan mengantre untuk melaksanakan ibadah haji terdapat rezeki lebih maka disarankan untuk melaksanakan ibadah umroh.

Kebingungan untuk menentukan haji atau umroh dulu harus disikapi secara bijak. Hal ini dikarenakan ibadah haji dan umroh merupakan ibadah yang sama-sama menuju kebaikan untuk mendapatkan ridha Allah. Dasar melaksanakan ibadah haji dan umroh sudah sangat jelas dalam Al Quran dan AL hadist sehingga umat Islam yang mampu tidak ada alasan lagi untuk tidak melaksanakan ibadah ini. Apalagi sekarang sudah banyak paket ibadah umroh murah di Indonesia.

Manakah Yang Harus Dilakukan Haji Atau Umroh Dulu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ikan Salai Ikan Asap

0 komentar:

Posting Komentar